4 Februari 2012

Pekanbaru??

kalian tau pekanbaru??
yang tau udah diem aja, gue mau ngepost tentang pekanbaru buat yang belom tau pekanbaru

pekanbaru adalah ibu kota riau, sebuah kota yang tumbuh kembang dengan cepat menjadi kota metropolitan

Perkembangan kota pekanbaru ini pada awalnya gak terlepas dari fungsi Sungai Siak sebagai sarana transportasi dalam mendistribusikan hasil bumi dari pedalaman dan dataran tinggi Minangkabau ke wilayah pesisir Selat Malaka. Pada abad ke-18, wilayah Senapelan di tepi Sungai Siak, menjadi pasar (pekan) bagi para pedagang dari dataran tinggi Minangkabau. Seiring dengan berjalannya waktu, daerah ini berkembang menjadi tempat pemukiman yang ramai. Pada tanggal 23 juni 1784 ,  berdasarkan musyawarah "Dewan Menteri" dari Kesultanan Siak, yang terdiri dari datuk empat suku Minangkabau (Pesisir, Limapuluh, Tanah Datar, dan Kampar), kawasan ini dinamai dengan Pekanbaru, dan dikemudian hari diperingati sebagai hari jadi kota ini. (wikipedia)  


oke, mari kita keliling kota pekanbaru!!

1.perpustakaan soeman hs


Soeman HS

Soeman HS

Soeman HS

Soeman HS
Tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya perpustakaan. perpustakaan atau bisa di bilang dengan Gudang ilmu tersebut bisa kita temukan dimana - mana. naah di pekanbaru  Perpustakaan yang terdiri dari 6 lantai ini namanya  Soeman HS  , adalah perpustakaan yang terbesar pada level Asia Tenggara atau ASEAN. Perpustakaan ini dengan arsitektur menyerupai sebuah buku yang terbuka.
disini kita bisa mengakses sekitar 72.259 judul buku yang berjumlah 213.432 eksemplar (2009)

fasilitas: perpustakaan, auditorium, bilik budaya melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang internet, musholla, cafe, kantin, dan lain-lain. 
Perpustakaan ini menjadi E-Pilot National Project percontohan Perpustakaan se-Indonesia 

2.menara lancang kuning
menara lancang kuning

menara lancang kuning

menara lancang kuning

menara lancang kuning

menara lancang kuning

menara lancang kuning
Menara Lancang Kuning merupakan gedung 9 lantai yang diisi oleh beberapa satuan kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, dengan kata lain Menara Lancang Kuning merupakan kantor Dinas Gabungan Provinsi Riau. lantai 1 hingga lantai 7 diisi oleh beberapa instansi pemerintah di lingkungan Pemprov Riau, selain itu Menara Lancang kuning juga memiliki ruang Auditorium dan Bilik Jamuan Gubernur ( Restoran ) yang berada di lantai 8, sedangkan di Lantai 9 merupakan sebuah taman yang di beri nama Taman Zamrud 

3.kantor gubernur
kantor gubernur riau
4.Main Stadium (for PON 2012)

stadion utama riau


stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau
stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

stadion utama riau

Riau Main Stadium ini merupakan Stadion termegah dengan menggunakan sistem single seat pertama di indonesia, Terbesar Kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno.
Stadion ini sendiri dibangun untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau yang telah berlangsung pada 9 – 20 September 2012 kemaren.
stadion ini akan dapat menampung lebih dari 40.000 penonton.

5. anjungan seni idrus tintin
anjungan seni idrus tintin
anjungan seni idrus tintin
anjungan seni idrus tintin

anjungan seni idrus tintin
 di anjungan seni ini pernah dilaksanakan acara puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2008 yang dihadiri hampir seluruh artis perfilman tanah air dan menjadi saksi bisu kejayaan Dedi Mizwar dan Naga Bonar Jadi 2. Bahkan Anjungan Seni Idrus Tintin ini seperti berubah menjadi objek wisata karena selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk sekedar berfoto, melihat atau duduk-duduk santai di sore harinya.

6.masjid 
masjid an-namira 

masjid Ar-Rahman

masjid Ar-Rahman

masjid Ar-Rahman
masjid agung an-nur

masjid agung an-nur
Masjid Agung An-Nur merupakan masjid termegah di Riau Saat ini. Selain berfungsi sebagai fasilitas ibadah masjid ini juga sebagai pusat kegiatan remaja mesjid se-Riau khususnya kota Pekanbaru.

Fasilitas Masjid Agung An-Nur Pekanbaru
- Lantai bawah masjid merupakan tempat skretariat pengurus masjid, manajemen, remaja masjid serta tempat pelaksanaan pendidikan Islam.

- Masjid ini juga tersedia fasilitas hot spot gratis tanpa bayar dan free user logon tanpa harus meminta password, jadi kalo kalian bawa laptop berfasilitas Wifi kalian bisa internetan sepuasnya!. #GRATISS!!

- Di halaman masjid Agung An-Nur Riau merupakan lapangan luas, kalo sore hari bakalan ramai dikunjungi masyarakat kota untuk berolahraga atau bersantai, nongkrong, mejeng, pacaran #eh.

- Lahan Parkir Masjid Agung sangat luas, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat dan enam. Lokasinya juga aman, nyaman.

7.mall

mall ciputra seraya
mall pekanbaru MP
mall ska


8.perguruan tinggi

universitas islam negri sultan syarif kasim
universitas riau

fakultas kedokteran universitas riau
politeknik caltex riau

 9.tugu

tugu bambu runcing
tugu pahlawan
tugu kemilau songket terpanjang melayu
tugu keris
tugu selais tiga sepadan
tugu selamat datang
tugu selais tiga sepadan

tugu adipura
tugu zapin

10.lain-lain
bandara sultan syarif kasim II

terminal bandar raya payung sekaki

pura jagatnata

pura jagatnata

pura jagatnata

taman kota




pasar bawah
pesantren teknologi riau

sma plus

ponpes babussalam

gelanggang remaja
pojok kiri bawah: gedung DPRD PROV.RIAU

rumah sakit awal bros

rumah sakit awal bros

Eka Hospital

gedung dprd prov.riau dari atas

masjid agung an-nur dari atas


gedung dprd prov.riau




hoaaam :o
naah.. kayak nya itu dulu deh yang bisa gue share udah tengah malem nih, gue capek banget #kode, jadi itulah sedikit gambaran tentang kota pekanbaru
yang berminat buruan dateng :D
sedikit catetan, bagi gak kebiasa ama cuaca panas gue saranin selalu sedia "SunBlock", soalnya pekanbaru ini panas nya itu lho Naudzubilah!!






7 komentar:

  1. nice post, ak ank riau jg nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..anak riau juga ternyata :) salam kenal *jabat tangan*

      Hapus
  2. mohon ijin gan ambil jepretannya satu kantor gubernur

    BalasHapus
  3. uwaaauuu cantik nye kota bertuah,,
    salam kenal blogger Riau :D

    BalasHapus
  4. Wah... mantep, ane yang tinggal di pekanbaru gk tahu bgtu bnyk tmpat wisata di Riau,Terimakasih, nambah pengetahuan neh,. :D

    Bgus blognya, ajarin buat header judulnya donk, :)

    BalasHapus

Terimaksih sudah membaca, usahain kasih komentar ya ^-^